Wajib Tahu!! 6 Jurusan Kuliah yang menjanjikan di Masa depan

Sumber : Pexels

Setelah melalui pendidikan menengah atas, sebagai seorang siswa yang memiliki cita-cita melanjutkan pendidikan akan melangkah melalui perkuliahan. Banyaknya pilihan jurusan perkuliahan seringkali membingungkan siswa-siswi yang akan menempuh kelulusan.

Pertimbangan memilih jurusan perkuliahan untuk mempermudah ketika mencari pekerjaan seringkali bertolak belakang dengan passion atau bahkan keinginan kita. Kekhawatiran menghadapi masa depan juga menghantui siswa-siswi yang akan menuju kedunia perkuliahan.

Lantas jurusan apa saja yang menjanjikan di masa depan?

dibawah ini merupakan 6 rekomendasi jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan.

6 jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan

1. Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan jurusan pada perkuliahan yang menggabungkan ilmu ekonomi, bisnis dan ilmu komputer. Jurusan bisnis digital mempunyai prospek kerja yang menjanjikan di masa depan, karena begitu pesatnya perubahan bisnis yang semula konvensional menjadi digital sangat membutuhkan seseorang yang expert pada bidang tersebut. 

Posisi dari jurusan bisnis digital dalam dunia pekerjaan meliputi, konsultan bisnis, analis sistem, analis data hingga menjadi leader dalam perusahaan startup. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan bisnis digital klik disini

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan jurusan pada perkuliahan yang sangat flexible dalam dunia pekerjaan. Jurusan ilmu komunikasi memiliki jangkauan yang luas dalam konsentrasi ketika perkuliahan, sehingga tidak heran dalam perkuliahan jurusan ilmu komunikasi diajarkan mengenai berbagai macam bidang multimedia.

Bidang multimedia yang diajarkan dalam ilmu komunikasi meliputi, desain grafis, videografi, editing video, jurnalistik, digital marketing hingga dalam media relations. Banyaknya bidang yang dapat dicakup jurusan ilmu komunikasi, tidak heran jika jurusan tersebut sangat menjanjikan di masa depan. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan ilmu komunikasi klik disini

3. Administrasi Publik

Administrasi publik merupakan jurusan pada perkuliahan yang mempelajari mengenai sistem pemerintahan, masyarakat, kebijakan publik, hingga pengelolaan administrasi secara spesifik.

 Jurusan administrasi publik memiliki prospek kerja yang menjanjikan seperti menjadi seorang Asn, konsultan pemerintahan, hingga manajemen aparatur sipil negara. 

Maka dari itu tidak heran bahwa administrasi publik merupakan jurusan kuliah yang dibutuhkan dimasa depan. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan administrasi publik klik disini

4. Manajemen

Manajemen merupakan jurusan yang tidak asing lagi ditelinga kita karena begitu banyak orang yang berkuliah mengambil jurusan tersebut. Jurusan manajemen singkatnya, belajar mengenai pengelolaan organisasi dan bisnis. 

Prospek kerja jurusan manajemen begitu luas, seperti menjadi staf keuangan, seorang marketer, konsultan bisnis, financial analyst hingga manajer bisnis. Tidak heran dengan banyaknya prospek kerja dan banyaknya orang yang mengambil jurusan tersebut menandakan bahwa jurusan manajemen merupakan jurusan yang menjanjikan di masa depan. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan manajemen  klik disini

5. Akuntansi

Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang seringkali membuat bingung masyarakat dikarenakan banyak yang mengira sama dengan manajemen. Jurusan akuntansi secara singkat, merupakan jurusan yang berfokus pada cara memelihara keuangan.

Prospek kerja jurusan akuntansi meliputi, akuntan, financial planner, konsultan pajak, manajer keuangan hingga auditor internal. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan akuntansi klik disini

6. Hukum

Hukum merupakan salah satu jurusan kuliah yang sangat tepat jika kamu bercita- cita menjadi seorang pengacara, hakim dan penegak keadilan. Perlu diketahui, jurusan hukum sendiri tidak hanya terbatas pada pengacara dan hakim sebagai prospek kerjanya.

Prospek kerja hukum meliputi, notaris, hakim, jaksa, legal staff, konsultan, diplomat, hingga staf ahli kementerian. Apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jurusan hukumi klik disini

Setelah mengetahui 6 jurusan yang menjanjikan di masa depan, lantas bagaimana cara agar kita tidak menyesali  ketika mengambil jurusan saat mendaftarkan diri menjadi seorang mahasiswa?.

Dibawah ini merupakan tips cara memilih jurusan yang tepat agar tidak menyesal dikemudian hari

Baca juga : Simak!! 5 Tools AI yang memudahkan kita dalam perkuliahan

Mengapa memilih jurusan merupakan hal yang penting?

Memilih jurusan ketika ingin menginjak masa kuliah merupakan hal yang sangat penting. Dalam dunia perkuliahan, ketika kita sudah memilih jurusan maka kita tidak akan bisa memiliki kesempatan untuk berpindah jurusan. 

Sehingga dengan terpaksa kita akan menjalani perkuliahan selama 4 tahun menjalani jurusan yang telah kita pilih diawal perkuliahan. Banyak sekali kasus yang terjadi dan dapat diperoleh pada forum dalam media sosial, bahwa banyak mahasiswa yang sering mengeluh, menyesal karena salah memilih jurusan.

Maka dari itu dibawah ini akan membahas mengenai 4 tips cara memilih jurusan agar perkuliahan yang akan ditempuh tidak memiliki rasa penyesalan.

4 tips cara memilih jurusan yang tepat agar tidak menyesal 

  1. Kenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang penting ketika ingin menginjak bangku perkuliahan. ketika kita sudah mengenal diri sendiri maka kita akan mengetahui kelebihan, kekurangan, passion diri kita. 

Dengan mengetahui semua itu, kita akan lebih mudah dalam menentukan pilihan sesuai dengan apa yang sudah ada pada diri kita.

  1. Riset mengenai jurusan

Riset mengenai jurusan yang akan kita pilih merupakan langkah selanjutnya yang wajib dilakukan. Riset mengenai jurusan dapat dicari pada forum forum gratis yang sudah tersebar pada halaman google atau pada media sosial.

  1. Bertanya kepada seseorang yang sudah atau sedang melakukan perkuliahan

Bertanya kepada seseorang yang sudah menyelesaikan perkuliahan atau sedang dalam perkuliahan sesuai dengan jurusan yang ingin kita riset, akan memberikan informasi yang sangat berguna untuk kita ketika akan masuk ke dalam kampus dan mengambil jurusan yang sama.

  1. Riset mengenai prospek kerja kedepannya

Langkah terakhir adalah melakukan riset mengenai prospek kerja kedepannya. Apakah jurusan yang akan kita ambil memiliki prospek kerja yang sesuai dengan keinginan kita dan banyak dibutuhkan atau sebaliknya.

Ketika 4 tips tersebut dilakukan dapat dipastikan bahwa kamu tidak akan tersesat jalan dalam menentukan pilihan ketika ingin melangkah dalam perkuliahan.  

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi halaman resmi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo disini dan instagram FBHIS disini

Penulis: Nirvana Abdillah Sandi

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By