Simak!! 5 Tools AI yang memudahkan kita dalam perkuliahan

sumber : pexels

Di tahun 2023 , program kecerdasan buatan yang biasa disebut dengan AI (Artificial Intelligence) telah sangat pesat berkembang.

Tools AI hampir ditemukan di sebagian besar aplikasi, tidak heran kalau AI dimanfaatkan oleh semua orang terutama bagi seorang mahasiswa.

Kemudahan dan kemampuan AI yang ditawarkan sangat membantu sekali bagi mahasiswa yang sedang dalam perkuliahan. Dengan adanya tools AI tidak ada lagi alasan untuk beranggapan atau bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak bisa. 

5 Tools Ai Gratis yang memudahkan mahasiswa

  1. Chat GPT, Bing Ai, Open Ai, Lenna Ai, dan Bard Ai (Chat Text Ai )

Kategori Chat text Ai merupakan kategori Ai yang berbentuk sebagai jendela chat yang memberikan kita fasilitas seperti memiliki asisten pribadi. 5 Ai yang tertulis diatas merupakan Ai yang membantu kita dalam melaksanakan tugas perkuliahan. Ketika kita tidak memahami sesuatu kita dapat menanyakannya kepada Ai tersebut.

  1. Canva magic presentation, Presentations.ai, beautiful.ai, dan Slides Ai (Presentasi Ai)

Ai diatas merupakan Ai yang membantu dalam pembuatan Slide presentasi gratis yang sudah digunakan banyak orang. Seperti pada sebuah aplikasi power point, yang membedakan dalam 5 platform tersebut ada Ai yang dapat lebih membantu kita.

  1. Novoresume, Rezi dan Resume ai ( Ats Resume Ai)

Ai diatas merupakan Ai yang membantu dalam pembuatan resume. Cara menggunakannya mudah kita hanya harus mengisi form yang disediakan dan resume pun jadi dengan cepat.

  1. Glarity, Eightify, upword, dan Youtube Digest (Notulensi ai)

Ai diatas merupakan Ai yang membantu dalam membuat ringkasan atau catatan. Dapat diaplikasikan dalam media video dari platform youtube dan sebagainya. 

  1. Chatpdf, Light pdf, dan skipit.ai (Chat dengan file)

Ai diatas merupakan Ai yang memiliki fungsi untuk mengetahui apa yang ingin kita ketahui dari dokumen yang kita unggah. Cukup unggah file dokumen lalu kita dapat bertanya mengenai apa yang kita ingin ketahui dalam dokumen tersebut.

Dengan 5 Ai yang telah dijabarkan memudahkan dalam setiap kegiatan kita, terutama pada seorang mahasiswa yang sangat terbantu dalam mengerjakan tugas perkuliahan disamping itu, ada 3 dampak positif dan negatif adanya Ai

Baca juga mengenai cara optimasi instagram menggunakan Ai disini

Apakah Ai merupakan ancaman bagi manusia ?

Kemudahan yang ditawarkan membentuk sebuah kebiasaan baru yang secara tidak langsung membentuk sifat manja pada diri kita. ketika kita mengalami sebuah kesulitan atau mendapat sebuah beban, kita harus dapat menyikapi bahwa Ai merupakan sebuah alat yang sekedar menunjang kegiatan yang kita lakukan, bukan berarti kita menggantungkan semuanya kepada Ai yang ada.

Maka jawaban yang tepat mengenai pertanyaan, Apakah Ai merupakan ancaman bagi pelajar ?.

“ Ai bukanlah sebuah ancaman namun sebuah kemudahan apabila kita manfaatkan dengan cerdas, manusia seharusnya lebih dari Ai, tinggal manusia nya saja mau atau tidak dalam meningkatkan literasinya ” Alshaf Pebrianggara .

3 Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Tools Ai

Dampak Positif Menggunakan Ai

  1. Meningkatkan Produktivitas, karena terbantu dengan adanya Ai sehingga meringankan beban pekerjaan yang dilakukan.
  2. Membantu memberikan jawaban yang akurat dalam sebuah permasalahan.   Karena Ai yang berbasis text akan langsung memberikan jawaban dengan database global yang ada. berbeda dengan google yang ketika kita memberikan sebuah pertanyaan dalam kolom pencarian, kita akan disajikan banyak pilihan yang disajikan dengan berbeda- beda.
  3. Lebih efisien dan memotong biaya. Memanfaatkan Ai dalam pekerjaan kita selain lebih efisien dalam pengerjaan, namun juga dapat memotong biaya operasional. sebagai contoh, kita tidak perlu lagi menghire editor foto karena sudah ada Ai yang dapat mengubah text menjadi sebuah gambar dengan gratis sesuai dengan apa yang kita mau. 

Dampak Negatif Menggunakan Ai

  1. Menumbuhkan rasa malas pada penggunanya.
  2. Menumbuhkan rasa ketergantungan dalam menggunakan Ai.
  3. Penggunaan Ai yang dilakukan secara masif, maka akan timbul sebuah pemikiran “untuk apa meningkatkan literasi kalau sudah ada Ai”, yang secara tidak langsung melemahkan pikiran kita sebagai manusia. 

ketika semua menjadi serba instan, manusia akan mulai mengalami sebuah kemunduran dari tindakan maupun dalam sebuah pemikiran, karena mulai bergantung pada Ai tanpa menambah literasi.

Setelah mengetahui Ai yang dapat membantu pekerjaan kita khususnya dalam ranah pendidikan mahasiswa, dan dampak positif maupun negatif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Untuk mengetahui informasi menarik lainnya, kamu bisa kunjungi halaman resmi bisnis digital disini , dan instagram FBHIS disini

Penulis: Nirvana Abdillah Sandi

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By