Yudisium Ke-32 FBHIS Umsida: 467 Mahasiswa Siap Hadapi Masa Depan Gemilang

Fbhis.umsida.ac.id – Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar Yudisium ke-32. pada Kamis, (15/10/2024). Acara ini diselenggarakan di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kampus 1 Umsida, dan mengusung tema “Langkah Baru untuk Masa Depan Gemilang”. Sebanyak 467 mahasiswa resmi dinyatakan lulus, terdiri dari program sarjana dan pascasarjana.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Umsida Dr Hana Catur Wahyuni, ST MT, Dekan FBHIS Poppy Febriana SSos MMedKom, Wakil Dekan Wiwit Hariyanto SE MSi, serta seluruh jajaran ketua dan sekretaris program studi se-FBHIS.

Suasana acara semakin meriah karena yudisium FBHIS mengusung tema Nusantara yang diusung, di mana para peserta mengenakan busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesan Inspiratif dari Pimpinan Universitas dan Fakultas

Acara dibuka dengan sambutan Wakil Rektor I Umsida, Dr. Hana Catur Wahyuni, yang mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan dan wisudawati.

“Saya benar-benar bangga karena 467 mahasiswa telah berhasil menyelesaikan studi, ini adalah sebuah pencapaian luar biasa untuk FBHIS. Selamat kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti yudisium sarjana dan pasca sarjana. Semoga ke depannya langkah mereka selalu dimudahkan, dan ilmunya bermanfaat untuk masa depan yang akan datang,” ujar Dr. Hana.

Ia juga menekankan pentingnya mengembangkan kemampuan non-akademik seperti etika, kerja sama tim, dan profesionalitas.

Baca juga: Capai Internasionalisasi, Ini Kegiatan Internasional Yang Bisa Kamu Dapatkan di FBHIS Umsida

“Kami berharap setelah lulus dari Umsida, para mahasiswa dapat mengembangkan diri baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kembangkan etika, cara berkomunikasi, dan profesionalitas. Hari ini masa depan ada di tangan kita, ciptakan lapangan pekerjaan melalui kreativitas dan inovasi hasil dari proses pendidikan kita di Umsida,” pungkasnya.

Sambutan dari Dekan FBHIS Poppy Febriana SSos MMedKom, juga penuh dengan kebanggaan dan harapan. Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh wisudawan yang telah mencapai tahap penting ini.

“Selamat atas kelulusannya untuk para calon wisudawan dan wisudawati. Pada tahun 2024 ini, kita meluluskan total 467 mahasiswa. Tahun ini juga menjadi tahun kelulusan tertinggi dengan persentase 81%. Ini adalah hasil kerja keras yang luar biasa, baik dari para mahasiswa maupun seluruh dosen dan staf,” ungkapnya.

Dekan FBHIS juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh dosen, ketua program studi, dan pembimbing yang telah mendukung mahasiswa hingga mencapai momen yudisium ini.

“Calon wisudawan FBHIS adalah calon orang-orang yang memiliki prestasi gemilang. InsyaAllah, kami sudah membekali mereka dengan ilmu, adab, dan skill yang diperlukan untuk masa depan. Semoga cerita baik selama masa kuliah bisa diceritakan kepada masyarakat, dan cerita sedih cukup ceritakan kepada kami,” tambahnya dengan penuh haru.\

Lihat juga: Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul

Prosesi kelulusan dan harapan bagi lulusan FBHIS

Prosesi yudisium dilanjutkan dengan pemanggilan nama-nama lulusan dari berbagai program studi se-FBHIS. Setiap lulusan menerima sertifikat kelulusan sebagai simbol resmi kelulusan. Suasana penuh haru dan kebanggaan terasa sepanjang prosesi, di mana para mahasiswa yang telah berjuang keras selama bertahun-tahun kini siap memasuki babak baru dalam kehidupan mereka.

Dalam kesempatan ini, Poppy Febriana juga menyampaikan parikan khas Nusantara, yang menambah keceriaan acara:

“Mlaku mlaku ketemu Mbak Yuni 

Disuguhi es isine garbis 

Ayo kabeh ojo ragu 

Masa depan gemilang gawe wisudawan FBHIS.”

Yudisium ke-32 ini bukan hanya menjadi ajang perayaan kelulusan, tetapi juga wujud nyata komitmen Umsida dalam mencetak generasi yang siap berkontribusi di masyarakat. Dengan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai adab yang telah diperoleh selama di bangku kuliah, para lulusan diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi masyarakat luas.

Sebagai penutup, doa bersama dipanjatkan untuk kesuksesan para lulusan dalam meniti karier dan kehidupan di masa mendatang. Umsida berharap seluruh lulusan dapat membawa semangat perubahan dan inovasi di bidang masing-masing. Para lulusan juga diharapkan dapat mengharumkan nama almamater tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di kancah internasional. Momen ini menjadi kenangan manis yang akan selalu diingat oleh para lulusan sebagai awal dari perjalanan mereka menuju masa depan yang penuh tantangan dan peluang.

Penulis: Fayza, Kharisma

Penyunting: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

Orasi Ilmiah Yudisium FBHIS Ke-32: Membangun Masa Depan Gemilang dengan Integritas dan Etika
October 16, 2024By
Yudisium? Pemahaman dan Manfaat Yudisium bagi Mahasiswa
October 14, 2024By
Prodi Administrasi Publik Umsida Dorong Percepatan Smart City di Sidoarjo Lewat FGD Inovatif
October 10, 2024By
Lebih Dekat dengan Jurusan Bisnis Digital
October 9, 2024By
Bangun Komunikasi Efektif dengan Wali Mahasiswa: Langkah Strategis Membangun Masa Depan Akademik Mahasiswa
October 7, 2024By
Forum Taaruf Wali Mahasiswa FBHIS Umsida: Perkuat Wadah Sinergi Antara Orang Tua dan Kampus
October 5, 2024By
7 Gelar dari Jurusan Perkuliahan FBHIS Umsida: Pilar Masa Depan Generasi Pencerah
October 3, 2024By
Babak Baru! Serah Terima Jabatan Kaprodi Manajemen FBHIS Umsida
September 30, 2024By

Prestasi

Sukses di ACST 2024: Mahasiswa Akuntansi Raih 8 Kemenangan dalam Lomba Internasional
July 24, 2024By
Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By