Berdayakan Koperasi Dinar Amanta, Tim Abdimas Umsida Adakan Pelatihan Keuangan dan Peningkatan Kualitas SDM

fbhis.umsida.ac.id – Koperasi Dinar Amanta (KDA), yang berlokasi di Ruko Candi Kepuh, Kecamatan Candi Sidoarjo, telah berjalan selama tujuh tahun. Namun, KDA masih menghadapi banyak tantangan dan permasalahan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Tim Abimas Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), yang terdiri dari para dosen ahli di bidang tata kelola keuangan, telah hadir untuk memberikan pendampingan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, melalui pelatihan keuangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kamis (9/3/2023).

Tim tersebut diantaranya Dina Dwi Oktavia Rini SE MSA CTA ACPA, Asisha Hanif SA M.Acc Ak dan Ika Ratna Indra Astutik S.Kom MT.

Masalah-masalah yang dihadapi oleh KDA adalah klasik, seperti masalah modal untuk mengembangkan usaha dan kompetensi pengurus dalam melaksanakan tata kelola keuangan yang akuntabel. Selain itu, pengelolaan koperasi yang belum dilakukan secara efektif melalui proses terkomputerisasi dalam kegiatan operasionalnya juga menjadi masalah dan tantangan tersendiri bagi keberlangsungan usaha KDA.

“KDA merupakan salah satu amal usaha binaan dari Pengurus Daerah Nasyiatul Aisyiyah (PDNA) Sidoarjo dan memiliki visi, misi, dan nilai-nilai Muhammadiyah, serta bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya dan mendorong upaya membangun ekonomi umat pada umumnya,” ujar Dina.

Meskipun KDA telah memiliki besaran asset senilai Rp 360 juta dan memiliki jumlah anggota sebanyak 255 orang, namun KDA masih termasuk dalam koperasi primer yang sedang berkembang. “Oleh karena itu, Tim Abdimas Umsida berharap agar KDA dapat berkembang dan maju menjadi koperasi berskala besar, sejalan dengan arahan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,” imbuhnya.

Pada bulan Februari 2023, telah dilakukan koordinasi antara Tim Abdimas Umsida, Ketua PDNA, Pengurus KDA, dan Pengawas KDA untuk menentukan permasalahan-permasalahan yang memerlukan pembenahan dalam tata kelola keuangan.

Serta, tersedianya sistem informasi yang efektif untuk kinerja keuangan KDA. Proses pendampingan masih terus berjalan hingga saat ini. “Semoga dengan adanya pendampingan dari Tim Abdimas Umsida, KDA dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dan menjalankan kegiatan usahanya dengan baik,” pungkasnya.

Ditulis: Muhammad Asrul Maulana

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By