Departemen Eksternal BEM FBHIS Adakan SEMNAS Perkuat Marwah Mahasiswa Sebagai Social Control

fbhis.umsida.ac.id – Mahasiswa telah menjadi saksi hidup perubahan demi perubahan yang terjadi di Indonesia, dari sebelum Indonesia merdeka hingga Indonesia menjadi negara merdeka. Sebagai generasi penerus bangsa, Mahasiswa perlu menjadi penggerak perubahan lebih baik suatu negara bukan hanya menjadi pelajar yang berpendidikan tinggi. Mahasiswa harus peka dan mampu berpikir kritis untuk menjawab seluruh problematika-problematika masyarakat yang sedang berkembang saat ini.

Sebagai social control mahasiswa diharapkan mampu mengisi kekosongan pada realitas-realitas social yang tidak bisa terisi oleh pemerintahan dari atas dan masyarakat dari bawah secara vertikal. Mahasiswa harus mampu menyuarakan suara rakyat kepada pemerintah dengan bahasa intelektual untuk meyakinkan pemerintah dalam membuat keputusan yang dapat menuntungkan pihak rakyat.

Marwah mahasiswa sebagai social control dikalangan masyarakat tak pelak menjadikan mahasiswa terengah dan berhenti begitu saja, mahasiswa akan berjuang sampai akhir dengan rakyat untuk mendapatkan haknya.

Untuk menggugah jiwa Social Control dalam diri Mahasiswa di seluruh Indonesia, untuk itu pada tanggal 28 Mei 2022 Departemen Eksternal BEM FBHIS Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Menjaga Marwah Mahasiswa Sebagai Social Control” untuk menjawab berbagai macam problematika rakyat dengan melakukan diskusi Bersama yang disamapikan oleh dua pemateri dengan latar belakang yang hebat. Pemateri pertama adalah Danial Bustomi. S.H, M. Kn yang merupakan Ketua STTM A.R Fachrrudin dan juga Notaris PPAT di kota Bojonegoro, kemudian Pemateri kedua adalah Nauval Witartono selaku Presiden Mahasiswa Unair Banyuwangi periode 2019 – 2020. 

Seminar nasional tersebut disambut dengan antusias oleh semua mahasiswa Umsida yang menyadari perannya sebagai social control dikalangan masyarakat. Dalam berdemonstrasi, seringkali mahasiswa hanya ikutan saja tanpa tahu permasalahan atau isu apa yang diangkat dan diutarakan kepada pemerintahan. Dalam seminar nasional ini para pemateri memberikan pengertian kepada para mahasiswa yang hadir untuk bersikap lebih bijak dan lebih cerdas dalam mengambil keputusan untuk membantu masyarakat yang resah karena haknya tidak terpenuhi, tidak hanya melakukan demonstrasi rusuh yang tidak akan membuahkan hasil apapun nantinya.

Bertita Terkini

Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif
June 13, 2024By
Mahasiswa Manajemen UMSIDA Siap Bersaing di Ajang Internasional ICEMSS
June 6, 2024By
Meniti Prestasi: Sharing Session Akreditasi Unggul Bersama AFEB PTMA
April 9, 2024By
Meluapkan Kebahagiaan: Meriahnya Kajian Ramadhan & Berkumpul dalam Buka Bersama Keluarga Besar FBHIS Umsida
April 4, 2024By
FBHIS Sambut Baik, FEB UMLA Perkuat Sinergi Antar PTM Melalui Kunjungan Benchmarking
March 22, 2024By
Kuliah Perdana Generasi Milenial: Mahasiswa FBHIS Diharapkan Merajut Masa Depan Keuangan Indonesia
January 10, 2024By
Seminar Sekolah Pasar Modal di Umsida: Menjelajahi Peluang Investasi untuk Mahasiswa FBHIS
January 4, 2024By
Melangkah ke Dunia Keuangan: Seminar Sekolah Pasar Modal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
January 4, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By