FBHIS Umsida Resmikan Kerjasama dengan Burapha University, Thailand

Fbhis.umsida.ac.id – Menindaklanjuti dari adanya Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani antara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dengan Burapha University (BUU) Thailand. Fakutas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Umsida lakukan kunjungan ke Burapha university, pada Rabu (26/4/23).

Kunjungan tersebut berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 26 hingga 28 April 2023, delegasi Umsida dipimpin oleh Dekan FBHIS, Poppy Febriana, yang didampingi oleh Sekretaris Program Studi (prodi) Administrasi Publik (AP), Ilmi Usrotin Choiriyah, dan Kepala Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional Umsida, Isna Fitria Agustina.

Fokus utama dari pertemuan internasional tersebut adalah meresmikan kerjasama antara FBHIS Umsida dengan Burapha University. “Faculty of Political Science and Law Burapha sendiri sudah menjalin kerjasama dengan prodi Administrasi Publik Umsida, sehingga kita disini tinggal follow up,” ujar Dekan FBHIS.

Lebih lanjut, Poppy Febriana menyampaiakan, selain Prodi Administrasi Publik, kerjasama juga dilakukan oleh Prodi Hukum FBHIS Umsida dengan Prodi Hukum Burapha. “Hasilnya berupa lecturer exchange, pertukaran mahasiswa, yang mana nantinya ada beberapa matakuliah yang bisa diampu mahasiswa Umsida, begitu juga dengan Burapha, Selain itu, ada juga pertukaran naskah-naskah penelitian, berupa publikasi antara keduanya,” paparnya.

Selain itu, FBHIS Umsida juga melakukan kerjasama dengan Faculty of Humanities and Social Sciences Burapha, “Hasilnya, agenda terdekat kita adalah International Conference, yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang,” imbuhnya.

Pada Kamis (27/4), kegiatan yang dilakukan adalah proyek program studi perbandingan di universitas internasional dan khusus kuliah dengan topik The Challenge of Sustainable Development Goals Management, Poppy menjelaskan SDGs an Overview, The Man Behind The Gun, The Synergy, Village SDGs, Result Overview, and Obstacles to Achieve SDG’s.

Kunjungan hari terakhir, delegasi Umsida dan Burapha University membandingkan sistem administrasi pemerintahan yang berlaku di masing-masing negara, serta membahas perbedaan dan kesamaan antara Public Administration (Local Affairs Administration) dan Public Administration (General Administration).

Dalam kesempatan tersebut, Poppy Febriana, menyampaikan harapannya agar kerjasama antara Umsida dan Burapha University dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para mahasiswa yang akan dikirim ke Burapha University di masa depan. Menurutnya, program pertukaran mahasiswa dan joint research antara kedua universitas dapat berjalan secara beriringan.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, mahasiswa Umsida dan Burapha University dapat saling belajar dan berbagi pengalaman dalam bidang Public Administration, serta memperluas wawasan dan pemahaman tentang sistem administrasi pemerintahan yang berlaku di masing-masing negara.

Ditulis: Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Tak Mau Kalah, FBHIS Umsida Adakan Pelatihan Pengembangan Platform UGC

Fbhis.umsida.ac.id – Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas...

Tim Abdimas Umsida Dorong UKM BeliloH Kembangkan Minuman Belimbing Wuluh

Fbhis.umsida.ac.id – Dosen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS)...