Wujudkan Pendidikan Berkualitas: Tantangan dan Solusi dalam Menuju SDG 4

Fbhis.umsida.ac.id – Pendidikan adalah kunci utama dalam menciptakan masyarakat yang maju dan berdaya saing.

Oleh karena itu, Sustainable Development Goals (SDG) 4 menekankan pentingnya pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata bagi semua orang.

Namun, di Indonesia, akses terhadap pendidikan yang setara masih menjadi tantangan besar, terutama di daerah terpencil dan tertinggal.

Kesenjangan dalam infrastruktur, fasilitas, serta kualitas tenaga pengajar menjadi hambatan utama dalam mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Dukungan: Kunci Mendorong OCB di Tempat Kerja

Lalu, bagaimana tantangan ini dapat diatasi? Apa peran digitalisasi dan komunitas dalam mendukung pemerataan pendidikan? Berikut ulasannya.

Tantangan dalam Pemerataan Pendidikan di Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan menghadapi tantangan geografis yang kompleks dalam pemerataan pendidikan.

Sumber: Ilustrasi AI

Di beberapa daerah, akses ke sekolah masih sulit dijangkau karena infrastruktur jalan yang buruk atau jarak yang jauh dari pemukiman penduduk.

Hal ini menyebabkan angka putus sekolah masih cukup tinggi, terutama di daerah pedesaan dan kepulauan.

Selain itu, kesenjangan fasilitas juga menjadi faktor yang memperburuk kondisi pendidikan. Sekolah di kota-kota besar umumnya memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti laboratorium, perpustakaan, dan akses internet.

Sebaliknya, di daerah terpencil, masih banyak sekolah yang kekurangan ruang kelas, tenaga pengajar yang kompeten, serta minimnya akses terhadap bahan ajar berkualitas.

Lihat juga: Strategi Digital Berbasis AI: Pengmas Dosen Ikom Umsida untuk Sekolah Muhammadiyah di Sidoarjo

Tidak hanya itu, faktor ekonomi juga menjadi penghambat utama dalam pemerataan pendidikan.

Banyak anak-anak dari keluarga kurang mampu terpaksa berhenti sekolah karena harus membantu perekonomian keluarga.

Biaya pendidikan, meskipun sudah banyak program bantuan dari pemerintah, tetap menjadi beban bagi beberapa kalangan masyarakat yang masih berjuang secara ekonomi.

Solusi: Digitalisasi Pendidikan dan Peran Komunitas dalam Pendidikan Inklusif

Salah satu solusi untuk mengatasi kesenjangan pendidikan adalah dengan digitalisasi pendidikan.

Teknologi telah membuka peluang baru bagi pemerataan akses pendidikan, terutama dengan adanya pembelajaran online.

Dengan platform e-learning, siswa di daerah terpencil dapat memperoleh akses ke materi pembelajaran yang sama dengan siswa di kota besar.

Sumber: Pexels

Program seperti Sekolah Digital dan Kelas Daring yang digagas oleh pemerintah maupun swasta menjadi langkah awal dalam menjembatani kesenjangan pendidikan.

Selain itu, pemerintah juga dapat bekerja sama dengan perusahaan teknologi untuk menyediakan akses internet gratis dan perangkat digital bagi sekolah-sekolah di daerah terpencil.

Dengan adanya infrastruktur digital yang memadai, guru dan siswa dapat lebih mudah mendapatkan bahan ajar berkualitas serta mengikuti pelatihan berbasis teknologi.

Lihat juga: Sinyal Kuat Prof Abdul Mu’ti Jadi Menteri Pendidikan, Apa Kata Rektor Umsida?

Tidak hanya digitalisasi, peran komunitas juga sangat penting dalam mendukung pendidikan inklusif.

Organisasi masyarakat dan komunitas lokal dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan, serta membantu menyediakan fasilitas belajar yang lebih layak.

Gerakan relawan pengajar yang datang ke daerah-daerah terpencil untuk memberikan pendidikan tambahan bagi anak-anak yang kurang beruntung telah menjadi inisiatif yang sangat berarti.

Selain itu, program beasiswa dan donasi pendidikan dari komunitas serta perusahaan swasta juga dapat membantu anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk tetap melanjutkan pendidikan mereka.

Dengan keterlibatan banyak pihak, upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan merata menjadi lebih mungkin untuk diwujudkan.

Mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama antara masyarakat, komunitas, dan sektor swasta.

Tantangan seperti kesenjangan akses, fasilitas, dan ekonomi memang masih menjadi hambatan besar, namun dengan inovasi digital dan keterlibatan berbagai pihak, pendidikan yang lebih inklusif dan merata dapat diwujudkan.

Melalui pemanfaatan teknologi, penguatan program komunitas, serta kerja sama antara berbagai pemangku kepentingan, kita dapat memastikan bahwa setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan terbaik.

Dengan begitu, kita tidak hanya mencapai SDG 4, tetapi juga menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi generasi mendatang.

Sumber: Jurnal Basicedu “Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs)”

Penulis: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

Building Your Brand: Langkah Awal Digitalisasi Usaha Nasyiatul Aisyiyah Sidoarjo
February 10, 2025By
FBHIS Umsida Perkuat Kolaborasi Internasional dalam Konferensi Icebiz 2025
February 7, 2025By
Pengabdian Masyarakat Internasional: Umsida Perkenalkan Budaya Sidoarjo
February 6, 2025By
FBHIS Umsida Perluas Jaringan Internasional Melalui Program Java Bound
February 5, 2025By
Sukses Tes TOEFL: Persiapan Wajib bagi Mahasiswa
February 4, 2025By
GIBEI Umsida Gelar Edukasi Investasi: Psikologi Investor dalam Mengelola Emosi
January 27, 2025By
Pendampingan Pengelolaan Keuangan dan Aset Masjid Al Manar: Mewujudkan Kemitraan Global dalam Penerapan SDG 17
January 24, 2025By
Riset Dosen Ikom Umsida Tingkatkan Mutu Sekolah Muhammadiyah dengan AI
January 21, 2025By

Prestasi

Hafit Wahyu, Dari Lapangan Futsal Hingga Podium Wisudawan Terbaik Umsida
November 7, 2024By
Kuliah Sambil Usaha, Fikri Buktikan Prestasi Akademik dan Bisnis Bisa Berjalan Beriringan
November 6, 2024By
Dari PON Hingga Internasional: Perjalanan Suryaningtyas, Atlet Pencak Silat dengan Segudang Prestasi
November 5, 2024By
Dari Ruang Kuliah ke Pentas Nasional: Perjalanan Zhafira Ramadhani
November 4, 2024By
Berkat Manajemen Waktu, Mahasiswa FBHIS Umsida Dita Raih Juara 1 Lomba Story Telling Nasional
November 1, 2024By
Sukses di ACST 2024: Mahasiswa Akuntansi Raih 8 Kemenangan dalam Lomba Internasional
July 24, 2024By
Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By