Penguatan Digital Marketing: Strategi UMKM Batik Riina untuk Bertahan dan Berkembang di Era Digital

Fbhis.umsida.ac.id – Digitalisasi bisnis menjadi solusi utama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan pemasaran modern. Untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital, dosen Pascasarjana Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Penguatan Digital Marketing untuk Peningkatan Kesejahteraan UMKM Batik Riina, yang berlangsung di Kulon Progo, Yogyakarta pada Sabtu, (08/02/2025).

Acara ini dihadiri oleh akademisi dan pelaku UMKM dengan tujuan memberikan wawasan dan keterampilan praktis dalam memanfaatkan media digital sebagai alat pemasaran yang efektif.

Hadir sebagai narasumber utama, Prof Dr Drs Sriyono MM CIQnR CSA, bersama akademisi lainnya membahas strategi pemasaran digital serta tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam beradaptasi dengan teknologi.

UMKM Batik Riina menghadapi berbagai tantangan dalam pemasaran produk secara konvensional. Sebelum adanya program ini, UMKM lokal masih bergantung pada pemasaran tradisional seperti promosi dari mulut ke mulut dan pameran.

Prof. Sriyono menjelaskan bahwa tanpa digitalisasi, UMKM sulit bersaing dengan produk yang lebih dikenal secara global.

Tantangan utama yang dihadapi UMKM Batik Riina sebelum menerapkan digital marketing adalah kurangnya literasi digital, minimnya anggaran pemasaran, serta ketergantungan tinggi pada pasar lokal.

Baca juga: Implementasi AI di Media Sosial Sekolah Muhammadiyah Sidoarjo: Umsida Gelar Pendampingan

Strategi dan Solusi Digital Marketing bagi UMKM

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah akademisi dan praktisi bisnis yang memiliki pengalaman dalam pemasaran digital dan pengelolaan UMKM. Selain Prof. Sriyono, narasumber lainnya yang turut berbagi wawasan dalam seminar ini meliputi Dr Supardi SE MM CRM, Dr Rita Ambarwati Sukmono SE MMT CiQaR CiQnR CPHCM, Wisnu Panggah Setiyono SE MSi PhD, dan Muhammad Yani SE MM yang mengupas pemanfaatan e-commerce untuk memperluas pemasaran produk batik.

Dalam sesi pemaparannya, Dr. Supardi menekankan pentingnya branding digital bagi UMKM agar dapat bersaing di pasar lebih luas, sementara Dr. Rita Ambarwati Sukmono membahas inovasi dan adopsi teknologi untuk meningkatkan efisiensi bisnis di era globalisasi.

Dalam rangkaian kegiatan pengabdian ini, strategi pemasaran digital yang dapat diterapkan oleh UMKM Batik Riina dibahas secara mendalam.

Para narasumber menjelaskan bagaimana pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dengan platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk meningkatkan eksposur produk mereka.

Lihat juga: Eksplorasi Legend Trend Palmyra Tuban: Dorong Hilirisasi dan Nilai Ekonomi Produk Lokal

Selain itu, optimalisasi e-commerce dan marketplace menjadi fokus utama untuk membantu UMKM menjangkau pelanggan lebih luas melalui Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Penerapan Search Engine Optimization (SEO) dalam pembuatan website juga ditekankan dalam seminar ini agar produk mereka lebih mudah ditemukan pelanggan potensial.

Selain membahas strategi digital marketing, seminar ini menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi UMKM dalam penerapan digitalisasi dan bagaimana solusinya.

Hambatan utama dalam implementasi digital marketing bagi UMKM mencakup kurangnya pengetahuan teknis, keterbatasan modal untuk investasi teknologi, serta kesulitan dalam memahami algoritma media sosial dan marketplace.

Sebagai solusi, narasumber menekankan perlunya pelatihan berkelanjutan agar UMKM tidak hanya memahami digital marketing, tetapi juga mampu mengimplementasikannya secara efektif.

Dukungan finansial melalui program bantuan modal dan kemitraan dengan berbagai pihak juga dapat membantu UMKM dalam mengembangkan pemasaran digital mereka.

Mentorship oleh ahli di bidang digital marketing juga dianggap penting untuk mendukung UMKM agar lebih kompetitif di pasar global.

Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi UMKM Batik Riina dalam memahami pentingnya pemasaran digital dan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing usaha mereka.

Dengan menerapkan strategi digital marketing yang telah dipelajari, mereka memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis mereka ke tingkat lebih luas, bahkan hingga ke pasar internasional.

Para narasumber berharap program serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan agar lebih banyak UMKM di Indonesia bertransformasi ke ranah digital dan meningkatkan pendapatan mereka.

Dengan strategi yang tepat dan dukungan teknologi digital, UMKM tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang dan meraih pasar lebih luas.

Penulis: Indah Nurul Ainiyah

Berita Terkini

AEF 2025: Langkah Mahasiswa Ikom Umsida Menuju Kolaborasi Global
March 3, 2025By
Sekolah Muhammadiyah di Sidoarjo Manfaatkan AI untuk Optimalisasi Media Sosial
February 28, 2025By
Maksimalkan Media Sosial! Dosen Ikom Umsida Ungkap Strategi Digital untuk Lembaga Pendidikan
February 27, 2025By
Implementasi AI di Media Sosial Sekolah Muhammadiyah Sidoarjo: Umsida Gelar Pendampingan
February 26, 2025By
Mahasiswa Ikom Umsida Ikuti Launching PFmuda 2025: Ciptakan Inovasi Sosial Berkelanjutan
February 19, 2025By
Dari UMKM Lokal ke Pasar Global: Mahasiswa Umsida Serap Ilmu Bisnis di C59
February 18, 2025By
Mahasiswa Fbhis Umsida Jelajahi Pertanian Modern di BBPP Lembang
February 17, 2025By
Ekskursi Mahasiswa FBHIS Umsida: Memadukan Budaya Sunda dan Keindahan Alam Jawa Barat
February 14, 2025By

Prestasi

Aprilia Ayu, Mahasiswa Ikom Umsida Raih Prestasi di AEF 2025 Malaysia
March 7, 2025By
Prestasi Gemilang! Mahasiswi Ikom Umsida Juara di Kejuaraan Taekwondo Nasional
March 5, 2025By
Hafit Wahyu, Dari Lapangan Futsal Hingga Podium Wisudawan Terbaik Umsida
November 7, 2024By
Kuliah Sambil Usaha, Fikri Buktikan Prestasi Akademik dan Bisnis Bisa Berjalan Beriringan
November 6, 2024By
Dari PON Hingga Internasional: Perjalanan Suryaningtyas, Atlet Pencak Silat dengan Segudang Prestasi
November 5, 2024By
Dari Ruang Kuliah ke Pentas Nasional: Perjalanan Zhafira Ramadhani
November 4, 2024By
Berkat Manajemen Waktu, Mahasiswa FBHIS Umsida Dita Raih Juara 1 Lomba Story Telling Nasional
November 1, 2024By
Sukses di ACST 2024: Mahasiswa Akuntansi Raih 8 Kemenangan dalam Lomba Internasional
July 24, 2024By