Prodi Akuntansi Adakan Pelatihan Accurate untuk Guru SMK Se – Kabupaten Sidoarjo

fbhis.umsida.ac.id – Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan pendampingan, pelatihan, serta optimalisasi literasi akuntansi accurate untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Accurate merupakan aplikasi yang mampu mengelola keuangan dari sebuah perusahaan, baik manufaktur, jasa maupun produksi.

Ketua program pengabdian masyarakat Ruci Arizanda Rahayu SE,MSA,AK,CA,CRP atau yang akrab disapa Ruci mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan.

“Sebelumnya kami juga melakukan pelatihan accurate di SMKN 2 Buduran Sidoarjo, karena dirasa masih butuh mengadakan pelatihan accurate untuk semua guru akuntansi di Sidoarjo. Maka hari ini kami mengundang semua guru SMK se Sidoarjo agar dapat mengimplementasikan aplikasi ini kepada siswa mereka,” ungkapnya.

Pelatihan ini berjalan selama 3 jam dan diikuti oleh 40 guru akuntansi di kabupaten Sidoarjo, yang dilaksanakan di lab akuntansi Umsida, agar guru bisa langsung mempraktekkan apa yang dijelaskan oleh narasumber.

Fityan Izza Noor Abidin SE atau yang akrab disapa Fityan menjadi narasumber pada pelatihan accurate kali ini. Dalam pembukaanya ia menganjurkan bapak ibu guru untuk terus update mengenai apa yang digunakan oleh perusahaan agar lulusan SMK mampu bekerja sesuai dengan keahliannya

“Saya melihat banyak guru SMK yang masih menggunakan myob. Lulusan SMK banyak yang bahkan tidak berprofesi sebagai staf akuntansi, karena bapak ibu tidak update muatan dalam standar kurikulum. Contohnya saat ini sudah tidak ada perusahaan yang menggunakan istilah neraca namun menggunakan posisi keuangan tapi beberapa guru masih mengajarkan neraca,” ungkapnya.

Fityan juga menganjurkan kerja sama dengan prodi akuntansi Umsida agar guru SMK mudah update muatan kurikulum yang harus diajarkan pada siswa.

Tidak hanya itu narasumber juga menekankan agar guru tidak meminta siswa untuk menghafal namun memahami cara kerja sistem.

“Harusnya lulusan SMK tidak diajari menghafal sistem tapi menggunakan logika dan membentuk pola pikir siswa itu agar bisa menjalankan semua sistem,”

Keistimewaan accurate menurut guru SMK sudah tertera prosedur PO dan pajak, “accurate juga sudah tertera aset tetap beserta penyusutannya automatically,” Fityan menambahkan.

Praktek berjalan dengan lancar dan para guru dibantu dengan mahasiswa aslab akuntansi saat mengikuti arahan narasumber. Dalam prakteknya Fityan juga menghimbau beberapa hal yang tidak boleh dilakukan guru dalam penulisan data diantaranya dalam excel dilarang menggunakan sheet banyak, tidak perlu menggunakan judul pada tabel pertama, huruf yang di tulis dalam Excel harus konsisten.

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By