Tembus Hibah PKM-AI: Tim FBHIS Dorong Pertumbuhan UMKM Melalui Crowdfunding

fbhis.umsida.ac.id – Mahasiswa dari Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) telah mencuri perhatian dengan pencapaian luar biasa mereka dalam dunia riset. Tim mahasiswa tersebut, yang terdiri dari para pemuda berbakat di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Sri Budi Purwaningsih, telah berhasil meraih hibah penerimaan insentif dari Program Kreatif Mahasiswa (PKM) tahun 2023 skema Artikel Ilmiah yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Jumat (11/08/2023).

Dengan judul artikel “Peningkatan Kapasitas Ekonomi UMKM Melalui Kepemilikan Hak Merek dan Paten Sebagai Alternative Sumber Pendanaan” tim ini dipimpin oleh Muhammad Asrul Maulana, seorang mahasiswa berbakat dari Umsida. Tim yang juga terdiri dari anggota-anggota berdedikasi yaitu Niken Nurcahyani, Zhafira Ramadhani, dan Fenty Putri Pratiwi, telah berhasil membuktikan bahwa inovasi tak terbatas hanya pada industri besar, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam artikel ilmiah mereka, tim PKM-AI tersebut mengulas tentang pentingnya memodali UMKM melalui pendekatan yang lebih kreatif dan inklusif, yaitu melalui crowdfunding. Konsep crowdfunding telah lama dikenal dalam dunia industri kreatif, tetapi tim ini berhasil menghubungkannya dengan dunia UMKM yang sering kali kesulitan dalam mendapatkan akses modal.

Dalam penelitian mereka, tim PKM-AI menjelaskan bagaimana model crowdfunding dapat menjadi solusi yang efektif bagi UMKM dalam mengatasi tantangan modal usaha. Mereka menganalisis berbagai jenis crowdfunding, seperti donasi, pinjaman, dan investasi, serta mengidentifikasi potensi keuntungan dan risiko yang terkait. Selain itu, tim juga memberikan panduan praktis bagi UMKM yang ingin memanfaatkan platform crowdfunding untuk mengembangkan bisnis mereka.

Dosen Pembimbing Sri Budi Purwaningsih mengungkapkan, “Saya sangat bangga dengan dedikasi dan kerja keras tim mahasiswa ini. Mereka telah berhasil menghubungkan konsep inovatif dengan dunia nyata UMKM, yang dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan pertumbuhan bisnis kecil,” ujarnya.

Pencapaian gemilang ini semakin memperkuat reputasi Umsida dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga mampu menghadirkan solusi nyata bagi masyarakat. Tim PKM-AI ini telah membuktikan bahwa semangat kreativitas dan riset inovatif adalah kekuatan yang dapat mengubah dunia, bahkan dari lingkup yang tampaknya kecil seperti UMKM.

Dengan semakin berkembangnya paradigma pemodalan di kalangan UMKM berkat konsep crowdfunding yang diungkapkan oleh tim mahasiswa ini, tampaknya masa depan ekonomi lokal akan semakin cerah. Melalui perpaduan antara dedikasi, pengetahuan, dan semangat kewirausahaan, mereka telah membuktikan bahwa inovasi tak memiliki batasan, bahkan di antara para mahasiswa.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Bertita Terkini

Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif
June 13, 2024By
Mahasiswa Manajemen UMSIDA Siap Bersaing di Ajang Internasional ICEMSS
June 6, 2024By
Meniti Prestasi: Sharing Session Akreditasi Unggul Bersama AFEB PTMA
April 9, 2024By
Meluapkan Kebahagiaan: Meriahnya Kajian Ramadhan & Berkumpul dalam Buka Bersama Keluarga Besar FBHIS Umsida
April 4, 2024By
FBHIS Sambut Baik, FEB UMLA Perkuat Sinergi Antar PTM Melalui Kunjungan Benchmarking
March 22, 2024By
Kuliah Perdana Generasi Milenial: Mahasiswa FBHIS Diharapkan Merajut Masa Depan Keuangan Indonesia
January 10, 2024By
Seminar Sekolah Pasar Modal di Umsida: Menjelajahi Peluang Investasi untuk Mahasiswa FBHIS
January 4, 2024By
Melangkah ke Dunia Keuangan: Seminar Sekolah Pasar Modal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
January 4, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By