Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif

fbhis.umsida.ac.id  – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tuan rumah seminar internasional bertajuk ICEMSS (International Conference on Emerging New Media and Social Science): Exploring Indonesia’s Future: Advancements in Digital Entrepreneurship and Creative Economy. Acara yang diadakan pada Rabu pagi ini dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Rabu (12/06/2024).

Beberapa universitas dalam negeri yang turut berpartisipasi antara lain Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Universitas Islam Bandung (Unisba), Universitas Muhammadiyah Bandung, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sementara itu, pembicara seminar berasal dari berbagai institusi internasional, seperti Prof Dr Balakrishnan Parasuraman dari University Malaysia Kelantan, Prof Dr Habil Klaus Oestreicher dari Nyangani Virtual University Harare-Salzburgh, Prof Dr. Vanessa Gaffar, SE Akt MBA dari Universitas Pendidikan Indonesia, Dr Umarova Zulaykho Tursunovna dari Tashkent State Economics of University, dan Gibriel Badjie HTC BA MM PhD dari University of The Gambia.

Dalam pembukaan seminar, Prof Dr Balakrishnan Parasuraman menyampaikan, “Creative Economy and Entrepreneurship is about quality of life and finding a happy balance between work, friend, and family.” Menurutnya, potensi ekonomi kreatif masa kini erat kaitannya dengan jaringan pertemanan dan kualitas hidup. Ia juga menekankan pentingnya keseimbangan antara kehidupan kerja dan sosial.

Para pemateri lainnya turut menyampaikan bahwa ekonomi digital memudahkan pengembangan bisnis, namun kejelian dan kecepatan dalam berkompetisi tetap harus diperhatikan. Mereka juga menyoroti pentingnya networking yang sangat terbantu oleh perangkat digital marketing.

Raihan Pratama Putra, mahasiswa UPI, mengungkapkan antusiasmenya, “Tujuan saya mengikuti seminar ini adalah untuk mengasah pengetahuan dan skil saya dalam pengembangan entrepreneur,” tuturnya. Senada dengan itu, Indah Himawat Pertiwi dari Unisba mengatakan, “Kami selalu mencoba setiap kesempatan, kali ini ada seminar yang sangat menarik tentang entrepreneur dan ekonomi kreatif, kami harus hadir untuk pengembangan diri.” imbuhnya.

Helda Arta Melvia, mahasiswa Umsida, menambahkan, “Saya sangat tertarik dengan seminar ini, ada peluang-peluang dan potensi ekonomi kreatif ketika dikaitkan dengan ekonomi kreatif di luar negeri. Saya dapat banyak ide pengembangan usaha dari seminar ini.” ujarnya.

Kegiatan ini digagas oleh Dr Vera Virdaus SPsi MM, Herlinda Maya SE MM, dan Detak Prapanca SE MM bersama dosen-dosen Prodi Manajemen Umsida. Mereka menawarkan konsep ini kepada UPI, Unisba, dan UM Bandung. Tawaran ini disambut baik, dengan UPI menawarkan tempat dan pemateri dari koleganya di kampus-kampus luar negeri, serta Unisba dan UM Bandung yang mengirimkan peserta dosen dan mahasiswa serta mencarikan juri dari berbagai perguruan tinggi internasional.

Seminar ini berhasil menjadi ajang bertukar ilmu dan ide bagi para peserta, sekaligus mendorong pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan berakhirnya seminar ICEMSS ini, harapan besar terletak pada semangat kolaborasi dan inovasi yang telah terbangun. Acara ini membuktikan bahwa melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman lintas negara, kita dapat bersama-sama memajukan ekonomi kreatif dan digital Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah.

Ditulis : Joko Susilo

Edit : Muhammad Asrul Maulana

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By