Umsida Urus Pendaftaran BUMDesa Menjadi Badan Hukum, Lemujut Siap Menjadi Desa Wisata

fbhis.umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat (abdimas) di Desa Lemujut, Krembun. Abdimas ini dilakukan oleh dua dosen dari Program Studi (Prodi) Hukum Umsida, yakni Rifqi Ridlo Pahlevy SH MH dan Sri Budi Purwaningsih SH MKn. yang dilakukan sejak Desember 2021 lalu hingga sekarang.

Pada Selasa (14/02/2023). Dilakukan serah terima sertifikat Badan Hukum yang sudah didaftarkan melalui SID Sistem Informasi Desa Lemujut. Kegiatan abdimas yang dilakukan oleh Umsida di Desa Lemujut adalah membantu legalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) menjadi badan hukum. Sri Budi Purwaningsih mengatakan bahwa pihak Umsida membantu BUMDesa Lemujut untuk mendaftarkan statusnya sebagai Badan Usaha, dan telah mendaftarkan BUMDesa Lemujut kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Rifqi Ridlo menambahkan bahwa evaluasi proses abdimas. “Kalau dari saya yang terpenting antara pihak Kepala Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus kompak agar dapat optimal,” ujarnya. Hal itu direspon oleh Kepala Desa Lemujut, Zulaimin Nur Rofiq, yang mengtakan pihak Desa sangat berterimakasih atas kerjasama ini, dan berharap atas legalisasi yang diberikan, Desa Lemujut dapat menjadi Desa unggul.

Dalam konteks pembangunan desa, pentingnya pendaftaran BUMDesa menjadi Badan Hukum adalah untuk memberikan kejelasan hukum terhadap status dan operasional BUMDesa. Dengan status badan hukum, BUMDesa memiliki legalitas dalam menjalankan kegiatan usaha yang tercatat dalam pangkalan data Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum. Hal ini dapat membantu BUMDesa Lemujut dalam meningkatkan potensi dan perekonomian desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selain itu, legalisasi BUMDesa sebagai badan hukum juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dan masyarakat dalam menjalin kerjasama bisnis dengan BUMDesa. Dengan demikian, potensi untuk mendapatkan sumber pendapatan baru dan menciptakan lapangan kerja di desa akan semakin terbuka. “Sesuai dengan progres kami membuat dan membentuk Desa wisata Lemujut,” pungkasnya.

Kegiatan abdimas yang dilakukan oleh Umsida ini dapat dijadikan sebagai contoh nyata bagaimana perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan masyarakat di sekitarnya. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, Umsida memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat struktur pemerintahan desa.

Dengan adanya kegiatan abdimas seperti ini, diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Lemujut dan sekitarnya. Selain itu, kegiatan abdimas juga dapat membuka peluang untuk melakukan penelitian dan pengembangan di desa untuk memecahkan berbagai masalah dan memperkuat kapasitas masyarakat setempat.

Ditulis: Muhammad Asrul Maulana

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By