Tips Upgrade Skill Bahasa Inggris untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, tentu harus melek terhadap pembaruan bentuk apa saja yang ada di dunia ini. Salah satunya adalah globalisasi, yang memberikan pengaruh begitu besar pada aspek kehidupan kita. Dengan adanya globalisasi ini, memfasilitasi kita sebagai mahasiswa untuk belajar berbagai ilmu, contohnya bahasa. Salah satu bahasa yang populer dan penting untuk kita pelajari adalah Bahasa Inggris. Karena kemampuan bahasa inggris yang kita miliki nantinya akan menjadi nilai tambah. Untuk apa? Saat kita melamar pekerjaan, melanjutkan studi di luar negeri, dan lainnya.

Bukan hanya bermanfaat di dunia kerja dan pendidikan, kemampuan bahasa inggris yang terus dilatih akan memberikan manfaat bagi kita, seorang mahasiswa. Untuk itu, di artikel kali ini, akan menjelaskan mengenai beberapa tips bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa inggris kita. Simak dengan lengkap!

Sumber : pexels.com

Ada beberapa bagian mengenai skill bahasa inggris yang harus kita ketahui sebelum terjun untuk melatih kemampuan bahasa inggris lebih dalam. Yaitu ada listening, reading, writing, dan speaking. Namun, bukan berarti jika belum menguasai salah satu dari keempat bagian tersebut, kita tidak bisa berbahasa inggris. Karena seberapa menguasainya kita, bukan berpatok atau paten dari keempat bagian tersebut.

Baca Juga : Wajib Tahu!! 6 Jurusan Kuliah yang menjanjikan di Masa depan

Mencari Motivasi Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

Bisa apa saja, yang membuat kalian merasa terdorong untuk terus belajar dan berlatih berbahasa inggris. Kenapa kita harus mempunyai motivasi? Karena dari situ, kita akan mengetahui kenapa kita harus belajar dan berlatih. Proses kita dalam belajar dan berlatih akan jauh lebih enjoy sehingga tidak merasa terbebani yang membuat kita stres. Ambil contoh, kalian menyukai salah satu aktor atau artis hollywood. Untuk terus mengikuti karir dia, kalian sebagai fans akan merasa “Oh, aku mau nonton semua kontennya dan berinteraksi dengannya lewat sosial media”. Nah, dari pikiran seperti ini akan terbangun motivasi untuk kalian belajar bahasa yang digunakan oleh aktor atau artis favorit kalian. 

Cari Konten Kesukaan 

Karena kita sudah belajar bahasa inggris dari bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah, tentu konsep dari conversation kita sudah paham seperti apa. Langkah selanjutnya adalah dengan menambah vocabulary. Dari konten-konten yang kalian tonton itu, nantinya akan menambah tabungan kosakata yang akan terus kalian ingat. Kosakata yang digunakan sehari-hari akan sering kalian temui di konten reality show atau variety show. Berarti, jenis kosakata yang kalian kumpulkan tergantung pada konten apa yang kalian tonton. Dan ingat! Catat semua kosakata baru yang kalian temukan.

Mulai Latih Conversation Skill

Sumber : pexels.com

Jika kita melihat, seorang native speaker, ketika melakukan conversation, mereka lepas dari grammar thing. Ya, mereka akan mengobrol seperti kita, ketika kita mengobrol dengan bahasa indonesia. Yang tidak semuanya selalu tentang grammar. Salah satu hal yang membuat orang lain takut untuk berbahasa inggris di depan banyak orang atau menggunakannya dengan siapapun dan kapanpun adalah mereka takut salah dalam hal grammar. Ingat! Melatih bahasa inggris bisa jadi hal yang sangat mudah untuk kita semua, ketika kita berani untuk show up dan lepas dari zona nyaman. Ada salah satu aplikasi yang recommended untuk kalian yang ingin melatih conversation. Aplikasinya adalah Tandem.

Cari Slang

Langkah ini tidak wajib kalian lakukan, tapi akan menambah humor kalian ketika berbincang menggunakan bahasa inggris. Caranya sama seperti mencari vocabulary yaitu bisa melalui konten-konten yang kalian sukai. Dari situ akan sering kalian dengar, conversation yang menggunakan slang. Catat dan praktekkan!

Cari Teman Ngobrol

Untuk melatih kemampuan kalian lebih intens, berteman dengan native speaker atau seseorang yang lebih fasih berbahasa inggris akan meningkatkan semua skill kita dalam berbahasa inggris, terutama pada listening, writing, dan reading. Dengan adanya teman ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas latihan kalian. Semakin kalian sering menggunakan bahasa inggris, maka semakin kalian terbiasa dengan bahasa inggris. 

Lima langkah di atas bisa mulai kalian terapkan. Lihat dan pantau apakah langkah-langkah di atas berpengaruh pada peningkatan skill bahasa inggris kalian. Ingat! Intinya jangan pernah takut untuk mencoba. Percaya pada diri kalian, bahwa kalian memiliki potensi itu yang perlu kalian asah. Untuk informasi lebih menarik pantau di sini!

Penulis : Shafa Ardesta Fitraeni

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By