FBHIS Umsida Kembali Membuka Eastbound: Menjelajahi Keajaiban Budaya Bangsa, Menghubungkan Mahasiswa Thailand dengan Pengalaman yang Tidak Terlupakan!

fbhis.umsida.ac.id – Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kembali mengadakan kegiatan Eastbound (East Java Cultural Exchange Program), setelah di tahun sebelumnya sukses menggelar acara serupa. Eastbound merupakan program pengenalan budaya Indonesia kepada mahasiswa luar negeri. Kegiatan berlangsung dari tanggal 10-12 Juli 2023.

Diawali dengan pembukaan, dan dihadiri langsung oleh rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial, serta beberapa dosen dari prodi di bawah naungan FBHIS. Lalu, dari pihak Burapha University dihadiri oleh dua dosen dari Faculty of Politic dan Law serta kedelapan peserta cultural exchange. Minggu (10/07/2023).

“Adanya cultural exchange ini tentunya sangat bagus untuk FBHIS Umsida, karna mahasiswa tak hanya sekedar bertukar informasi dan memahami budaya antar negara saja. Melainkan juga membuka kerjasama serta pengakuan internasional, khususnya Asean”. Ujar Poppy Febriana, selaku perwakilan dari FBHIS Umsida.

Rangkaian kegiatan Eastbound terdiri dari pengenalan budaya, makanan dan permainan tradisional, di wilayah sekitar. Hari pertama setelah penyambutan, mahasiswa asal Thailand langsung diajak belajar permainan tradisional seperti egrang, bakyak, dan juga menikmati makanan tradisional di kampung Lali Gadget, Wonoayu, Sidoarjo.

Selanjutnya di hari kedua, visting lecture dari 2 dosen thailand, dilanjut tour masjid An-nur, kemudian menuju gelundung waterfall, dan di akhiri ke masjid chengho, dalam rangka belajar dan memperkenalkan perpaduan budaya cina dan arab.

Kegiatan hari ketiga, mahasiswa diajak ke kali sampurno untuk belajar membuat batik cukil, lanjut mengunjungi musium emputatular untuk melihat peninggalan hindu budha, kunjungan ke monkasel (musium kapal selam), serta omah sae untuk mengenalkan beberapa masakan Indonesia.

Setelah rangkaian kegiatan tersebut, mahasiswa asal Thailand mengaku senang sekaligus takjub dengan ragam kebudayaan yang ada di Indonesia, bahkan merasa cocok dengan suasana dan makanannya. Selain itu mereka mengaku salut atas keramahan orang Indonesia yg murah senyum dan sopan.

Bertita Terkini

Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif
June 13, 2024By
Mahasiswa Manajemen UMSIDA Siap Bersaing di Ajang Internasional ICEMSS
June 6, 2024By
Meniti Prestasi: Sharing Session Akreditasi Unggul Bersama AFEB PTMA
April 9, 2024By
Meluapkan Kebahagiaan: Meriahnya Kajian Ramadhan & Berkumpul dalam Buka Bersama Keluarga Besar FBHIS Umsida
April 4, 2024By
FBHIS Sambut Baik, FEB UMLA Perkuat Sinergi Antar PTM Melalui Kunjungan Benchmarking
March 22, 2024By
Kuliah Perdana Generasi Milenial: Mahasiswa FBHIS Diharapkan Merajut Masa Depan Keuangan Indonesia
January 10, 2024By
Seminar Sekolah Pasar Modal di Umsida: Menjelajahi Peluang Investasi untuk Mahasiswa FBHIS
January 4, 2024By
Melangkah ke Dunia Keuangan: Seminar Sekolah Pasar Modal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
January 4, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By