Mengikuti Program Budaya Eastbound, Mahasiswa Burapha University Thailand Temukan Kepuasan dan Persahabatan di Umsida

fbhis.umsida.ac.id – Pengalaman belajar di luar negeri dan memperoleh manfaat dari interaksi budaya menjadi momen yang tak terlupakan bagi para mahasiswa. Baru-baru ini, kegiatan Eastbound (Program Pertukaran Budaya Jawa Timur) yang berlangsung pada tanggal 10-12 Juli 2023 telah menghasilkan banyak cerita dan kenangan berharga bagi mahasiswa dari Burapha University Thailand. pada Senin (17/07/2023). “Bagi saya, persahabatan yang luar biasa dari orang Indonesia adalah yang paling mengejutkan,” kata Notasem Khamnuanjit, salah satu peserta Eastbound.

Eastbound merupakan program pertukaran budaya yang diselenggarakan oleh Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) dengan tujuan memperluas pemahaman dan memperkuat hubungan antara mahasiswa internasional dan mahasiswa lokal. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya Jawa Timur dan mempererat persahabatan lintas negara.

Kegiatan Eastbound telah mencapai tujuan utamanya dengan sukses, yaitu menciptakan ikatan antarbudaya yang kuat, memperluas wawasan mahasiswa, dan mendorong persahabatan antara mahasiswa Indonesia dan Thailand. Program semacam ini membuktikan bahwa pertukaran budaya adalah sarana yang efektif untuk membangun pengertian dan saling melindungi di antara masyarakat global.

Dalam program Eastbound kali ini, para mahasiswa dari Burapha University Thailand mendapatkan pengalaman yang berharga dan menarik dalam memahami budaya Indonesia. Selain itu, mereka juga memberikan kontribusi dalam berbagi budaya Thailand kepada teman-teman Indonesia mereka.

“Saya telah mengatakan ini berkali-kali sebelumnya, tetapi saya benar-benar ingin berterima kasih kepada semua teman di Umsida karena telah memberikan kami sambutan yang hangat. Tidak hanya itu, mereka juga menyediakan berbagai hidangan yang enak, dan saya mencoba semuanya yang sebelumnya belum Saya pernah merasakan. Makanannya di sini rasanya seperti makanan Thailand. Saya merasa seperti di negeri sendiri karena makanannya sangat familiar. Ini adalah pengalaman terbaik dalam hidup saya di Indonesia,” ujar Notasem Khamnuanji.

Lebih lanjut, Amonrat Thongsawas, peserta Eastbound lainnya, juga berbagi kesan yang mendalam, “Hal yang tidak terduga dari keikutsertaan dalam proyek ini adalah saya dapat bertukar beberapa budaya yang mungkin berbeda dengan negara saya. Dari mulai belajar membuat topi, mainan lokal, hingga memasak makanan tradisional di sana.Awalnya saya pikir saya hanya bisa mencicipi beberapa hidangan karena tidak cocok di lidah, tetapi semua hidangan yang saya makan selama mengikuti program ini benar-benar nikmat, salah satunya adalah nasi kuning yang kini menjadi salah satu makanan favorit saya. Teman dan dosen yang merawat kami juga sangat baik. Saya sangat terkesan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan mahasiswa dari Burapha University Thailand merasa senang dapat mengikuti kegiatan Eastbound ini. Selain dapat bertemu dengan teman-teman baru, kegiatan ini juga menambah pengetahuan mereka dan membuka pandangan terhadap budaya di negara lain, termasuk Indonesia.

Dengan semangat positif yang terpancar dari peserta Eastbound, diharapkan program seperti ini akan terus berlanjut dan melibatkan lebih banyak mahasiswa dalam upaya mencapai dan memperkuat hubungan antarbangsa di masa depan.

Penulis: MA Maulana

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By