Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”

Fbhis.umsida.ac.id – Aula GKB 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dipenuhi antusiasme para mahasiswa yang hadir dalam acara “Pijar Jatim Goes To Campus: Dialog Akademisi” yang mengusung tema “Pergaulan Remaja & Fenomena Kehamilan yang Tidak Diinginkan.” Pada Selasa, (02/07/2024).

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan lima fakultas di Umsida, yaitu Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS), Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Agama Islam (FAI), dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES).

Acara dimulai dengan sambutan oleh Rektor Umsida, Dr. Hidayatullah, M.Si, yang menyampaikan pentingnya acara ini dalam mengedukasi mahasiswa mengenai pergaulan remaja dan dampak kehamilan yang tidak diinginkan.

“Ayat-ayat Al-Qur’an mengurai prinsip dasar hubungan manusia, menegaskan kesatuan asal-usul manusia dengan menunjukkan kesamaan derajat kemanusiaan. Kita harus membangun relasi yang baik dan memahami batasan-batasannya,” ucap Dr. Hidayatullah dalam sambutannya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman, M.MKes, yang turut memberikan dukungan atas inisiatif BKKBN dan Umsida. Dra. Maria Ernawati, MM, selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, juga memberikan sambutan yang menekankan pentingnya mewujudkan keluarga berkualitas dengan memperhatikan tiga aspek utama: pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

“BKKBN memiliki beberapa program, antara lain Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, serta Kependudukan untuk menyeimbangkan jumlah penduduk,” jelas Dra. Maria Ernawati.

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Suko Widodo, Ketua Komisi 7 KKI sekaligus dosen di Universitas Airlangga, serta Pokja Insan Jurnalistik Keluarga Berencana di bawah naungan BKKBN Jawa Timur. Para peserta yang hadir mayoritas adalah mahasiswa Umsida dari semester 6 dan 8 yang sangat antusias mengikuti acara.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber profesional dari berbagai fakultas dan perwakilan BKKBN. Dr. Palupi dari BKKBN membuka sesi materi dengan mengenalkan alat reproduksi perempuan. “Kompleksitas materi ini membuka mata kita semua agar lebih mengerti dan belajar tentang alat reproduksi,” ujarnya.

Siti Cholifah, S.ST, M.Keb, dosen dari FIKES Umsida, menyampaikan materi tentang dampak kehamilan yang tidak diinginkan. Materi yang dibawakannya sangat menggugah para mahasiswa untuk lebih waspada akan kehamilan di usia muda dan menjadi pengingat agar tidak salah langkah. “Kehamilan yang tidak diinginkan dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental remaja, serta mempengaruhi masa depan mereka,” ungkap Siti Cholifah.

Dari FKG Umsida, drg. Lila Muntadir, Sp.Ort, membawakan materi tentang manifestasi penyakit menular seksual pada rongga mulut. “Penyakit menular seksual dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan mulut, seperti sariawan yang berkepanjangan dan lesi pada jaringan mulut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut serta menghindari perilaku seksual berisiko,” jelas drg. Lila Muntadir.

Zaki Nur Fahmawati, M.Psi., Psikolog, dosen dari FPIP Umsida, membawakan materi tentang pergaulan bebas dari perspektif psikologi. “Pergaulan bebas dapat mempengaruhi perkembangan psikologis remaja. Penting bagi remaja untuk memiliki pemahaman yang baik tentang diri mereka sendiri dan batasan-batasan dalam pergaulan,” ujarnya.

Menutup sesi materi, Dzulkifar Akbar Romadlan, S.Fil., M.Ud., dosen dari FAI Umsida, menyampaikan materi seputar remaja dalam sejarah Islam. “Kurang lengkap jika memahami pergaulan remaja tanpa adanya benteng spiritual dari diri sendiri. Islam mengajarkan kita untuk menjaga diri dan menjalani kehidupan dengan penuh kehormatan dan tanggung jawab,” tegas Dzulkifar Akbar Romadlan.

Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab dibuka dan para mahasiswa Umsida menunjukkan antusiasme tinggi dengan melontarkan berbagai pertanyaan kritis kepada narasumber.

Salah satu mahasiswa, Icho Adhe dari prodi Ilmu Komunikasi, menanyakan tentang saran terbaik untuk aturan pemberian susu formula pada bayi agar terhindar dari stunting. Pertanyaan ini menunjukkan kepedulian mahasiswa terhadap kesehatan dan kesejahteraan generasi mendatang.

Acara ini berhasil membuka wawasan para mahasiswa mengenai pergaulan remaja dan fenomena kehamilan yang tidak diinginkan.

Kolaborasi antara BKKBN dan lima fakultas di Umsida menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan edukasi yang komprehensif dan bermanfaat bagi mahasiswa.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya menjaga pergaulan yang sehat dan bertanggung jawab, serta mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik.

Informasi selengkapnya kunjungi https://www.instagram.com/fbhisumsida?igsh=aWhoMnJtZXE2cjk2

Penulis : Indah N. Ainiyah

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand
July 9, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By
Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif
June 13, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By