Prodi AP dan Ikom Umsida Laksanakan Cultural Exchange di Thailand

fbhis.umsida.ac.id – Senin (08/07/24), Program Studi (Prodi) Administrasi Publik (AP) dan Ilmu Komunikasi (Ilkom) dari Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FBHIS Umsida) melaksanakan kegiatan pertukaran budaya di Thailand. Acara ini diadakan dalam kerjasama dengan Burapha University, Thailand yang bertujuan untuk mempererat hubungan internasional dan memperkaya wawasan budaya para mahasiswa.

Kegiatan ini dimulai dengan mengunjungi “Sun Khrueang Chaksan Yai Thisut Nai Lok”, sebuah museum yang menampilkan kerajinan tenun bambu yang terkenal di Phanat Nikhom, Chon Buri, Thailand.

Para mahasiswa mendapat kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan tenun bambu dan memahami sejarah serta nilai budaya yang terkandung dalam setiap karya seni tersebut.

Nes selaku mahasiswa Burapha University ungkapkan,
“Sun Khrueang Chaksan Yai Thisut Nai Lok dikenal sebagai pusat pelestarian kerajinan bambu, dan kunjungan ini memberikan wawasan berharga mengenai teknik dan keindahan kerajinan tangan tradisional Thailand,” ujar nes.

Lebih lanjut, perjalanan berlanjut ke Maekoon Garden Limited, sebuah tempat pembuatan Khao Lam, makanan penutup khas Thailand yang terbuat dari bambu.
Khao Lam sangat terkenal di Chonburi dan menjadi salah satu daya tarik kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya itu, dalam proses pembuatannya memerlukan kesabaran yang besar” ujar Poppy Febriana selaku Dekan FBHIS.

Di Maekoon Garden Limited, para mahasiswa belajar tentang proses pembuatan Khao Lam, mulai dari pemilihan bahan hingga teknik memasak yang khas. Mereka juga berkesempatan untuk mencicipi Khao Lam langsung dari pembuatnya, memberikan pengalaman yang autentik dan menyenangkan.

Vivie Ida selaku mahasiswa prodi AP ungkap pesan kesan mengenai kegiatan ini.
“jadi banyak tahu mengenai budaya thailand, berbeda dengan indonesia. dan semua budaya seru-seru dan unik sekali seperti kemarin belajar menganyam dan melihat proses pembuatan mengenai makanan tradisional di thailand,” ungkapnya.

Kerjasama antara FBHIS Umsida dan Burapha University diharapkan terus berkembang dan membawa manfaat yang lebih besar di masa mendatang. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan para mahasiswa dapat menjadi duta budaya yang baik, mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari, serta mempromosikan semangat toleransi dan kerjasama internasional.

Bertita Terkini

Optimasi Penggunaan Aplikasi PLAVON Dukcapil di Desa Larangan Dengan Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan
July 17, 2024By
Mahasiswa Prodi AP dan Ikom UMSIDA Explore Budaya dan Sejarah Thailand
July 11, 2024By
FBHIS Umsida dan Burapha University Perkuat Hubungan Akademis Melalui Kuliah Tamu dan Kunjungan ke Kebun Raya Nong Nooch
July 9, 2024By
Kolaborasi BKKBN dengan 5 Fakultas di Umsida: Gelar Dialog Akademisi Atasi Fenomena Remaja dan Kehamilan yang tidak Diinginkan”
July 6, 2024By
Gemilangnya Yudisium 2024 FBHIS Umsida: Mencetak Lulusan Pertama dengan Status Umsida Terakreditasi Unggul
July 6, 2024By
FBHIS Fest 2024: Ajang Pencarian Bakat dan Peningkatan Kreativitas
July 5, 2024By
Sukses Gelar Try Out Utbk SNBT, Fbhis Gandeng Telkomsel dan Platform Belajar Online Terbaik
July 5, 2024By
Umsida Gagas Seminar Internasional ICEMSS: Tingkatkan Kewirausahaan Digital dan Ekonomi Kreatif
June 13, 2024By

Prestasi

Melampaui Batas : Mahasiswa FBHIS dari prodi Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di SILAT APIK PTMA 2024
March 2, 2024By
Ridwan, Mahasiswa FBHIS dari Prodi AP Lulus 3,5 Tahun Jadi Mahasiswa Terbaik Se-Prodi dan Se-Fakultas
June 5, 2023By
Civitas Academica FBHIS Bangga, Mahasiswa Ini Berhasil Wakili Jatim Raih Juara 1 Voli
January 2, 2023By
Mahasiswa FBHIS UMSIDA dari Prodi Hukum Sabet 3 Gelar Juara Wushu Kejurprov
August 29, 2022By
Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak
July 5, 2022By
Tiga Mahasiswa FBHIS dari prodi Magister Manajemen Umsida Sabet Presenter Terbaik di Seminar Nasional The 5th BENEFECIUM 2022
June 7, 2022By