Fbhis.umsida.ac.id – Kegiatan branding perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Candi (SD MICA) mendapat nuansa baru melalui kontribusi mahasiswa magang dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).
Selama empat hari, pada 17–20 November 2025, mahasiswa menjalankan magang berbasis proyek (Project Based Learning) dan menghasilkan sejumlah konten kreatif untuk memperkuat citra perpustakaan sebagai ruang belajar yang modern, ramah siswa, dan menarik secara visual.
Program ini memberikan pengalaman praktik komunikasi visual dan produksi media, sekaligus mendukung upaya perpustakaan dalam menyajikan literasi yang lebih hidup.
Melalui pendekatan kreatif, mahasiswa memproduksi konten seperti Tour Library MICA, video edukasi ajakan berkunjung ke perpustakaan, hingga video cinematic library yang menonjolkan estetika ruang baca.
Seluruh proses didampingi oleh Ustadz Zaqi selaku pustakawan, yang membantu mahasiswa dalam mengenali fasilitas dan menentukan sudut terbaik untuk pengambilan gambar.
Baca juga: Mahasiswa Umsida Dampingi IKM Kerupuk Tuban dalam Transformasi Promosi Digital
Penguatan Citra Perpustakaan Melalui Konten Kreatif

Pada hari pertama, mahasiswa melakukan observasi untuk memahami kebutuhan branding perpustakaan, khususnya bagaimana menghadirkan ruang baca yang mudah dipahami siswa sekolah dasar.
Observasi ini menjadi dasar dalam pembuatan Tour Library MICA, sebuah video yang memperkenalkan fasilitas perpustakaan, koleksi buku, dan tata cara peminjaman dengan gaya penyampaian yang hangat dan bersahabat.
Hari kedua difokuskan pada produksi konten edukatif untuk mendorong semangat membaca.
Mahasiswa mengemas pesan literasi dalam visual cerah dan narasi positif, bertujuan menumbuhkan kebiasaan berkunjung ke perpustakaan sejak dini.
Lihat juga: Mahasiswa Umsida Mengasah Keterampilan Bisnis lewat Magang di Usaha Custom Tumbler Souvenir Hampers
Produksi Konten Cinematic dan Kolaborasi Intensif

Pada hari ketiga, mahasiswa memproduksi konten cinematic dengan pendekatan sinematik.
Video tersebut menampilkan pencahayaan alami, komposisi gambar artistik, dan detail estetis perpustakaan.
Melibatkan beberapa siswa dalam proses pengambilan gambar, video ini memberikan kesan hidup sekaligus menunjukkan aktivitas nyata di perpustakaan SD MICA.
Selama kegiatan, mahasiswa juga berdiskusi dengan pustakawan mengenai konsep branding jangka panjang.
Ustadz Zaqi membagikan wawasan soal pola kunjungan siswa dan tantangan dalam meningkatkan minat baca.
Informasi ini digunakan mahasiswa untuk menyelaraskan gaya konten dengan karakter siswa SD, sehingga materi visual menjadi lebih relevan dan efektif.
Di akhir program, mahasiswa berhasil menyelesaikan beberapa konten yang siap digunakan untuk publikasi sekolah dan media sosial.
Guru dan siswa menyambut positif bentuk penyajian informasi yang baru dan lebih menarik.
Melalui kegiatan ini, perpustakaan SD MICA semakin memperkuat komitmennya dalam mengembangkan budaya literasi yang kreatif dan adaptif terhadap perkembangan digital.
Kolaborasi antara mahasiswa Ikom Umsida dan pihak sekolah menjadi contoh sinergi yang membawa manfaat nyata, sekaligus membuka peluang untuk pengembangan program serupa di masa mendatang.
Penulis: Indah Nurul Ainiyah


















